Saturday, April 21, 2018

Cara Perawatan Burung Pleci Yang Macet Bunyi

suara burung pleci

Suara burung pleci yang ngalas dan ngerol memikat banyak orang untuk memeliharanya, dan selain suara burung pleci tersebut juga karena harga burung pleci yang sangat terjangkau untuk kicaumania. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba suara burung pleci macet?. Tentunya pemilik akan kesal, terutama jika suara burung pleci jantan yang sebelumnya sangat rajin di keluarkan, sebagai panduan berikut ini cara merawat burung pleci yang macet suara. Selain sangat aktif, jenis burung pleci juga dikenal mudah berkicau terutama jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Namun burung kecil ini juga mudah stres / ngedrop, bahkan bisa sampai macet suara.

Pemberian suplemen dapat dilakukan jika pleci macet suara karena kondisi ngedrop atau selalu terlihat malas, untuk hasil yang efektif penyediaan suplemen ini harus disertai dengan perawatan rutin lainnya yaitu :

1. Pengembunan
Suara burung pleci yang macet harus lebih rajin dikeluarkan di pagi hari untuk di embunkan, Pengembunan yang di lakukan secara teratur dapat membantu memulihkan kondisi burung pleci stres. Ketika saat pengembunan burung pleci dapat diberi tambahan kroto (1 sendok teh). Kroto dapat memancing pleci untuk berbunyi.

2. Rutin Di Mandikan
Perawatan burung pleci selanjutnya adalah setelah matahari terbit burung pleci dimandikan dengan air dingin, cara mandi bisa menggunakan sprayer tangan, menggunakan bak kecil, atau cepuk tempat minum yang telah diisi dengan air dingin.

Setelah mandi burung pleci lalu di anginkan agar bulu bulunya cepat kering, pada saat itu berikan serangga EF seperti jangkrik dan ulat hongkong putih. Pada sore hari burung pleci kembali dimandikan dengan air dingin, setelah itu beri lagi jangkrik dan ulat hongkong putih. Juga bersihkan kandang dari kotoran.

3. Penjemuran
Setelah bulu bulu burung pleci kering kemudian di jemur di bawah sinar matahari, jika ada beberapa burung pleci di rumah maka pengeringan bisa dilakukan bersamaan dengan posisi masing-masing sangkar burung pleci dibuat berderet. Durasi penjemuran tidak boleh lebih dari 2 jam, dengan cara ini akan memancing suara burung pleci untuk di keluarkan

4. Berikan pakan bergizi
Selesai di bawah sinar matahari burung pleci diberi buah-buahan seperti jeruk atau pisang, selain itu berikan satu tutup kecil berisi nektar / air gula atau bisa juga madu. Air gula / nektar / madu bermanfaat untuk meningkatkan stamina burung sehingga dapat merangsang suaran burung pleci yang lebih rajin.

Voer harus memenuhi syarat, Selain itu Anda juga dapat membuat ramuan ramuan yang dapat memancing suara burung pleci. Siang hari sampai sore burung pleci disimpan di tempat yang sejuk, Selama waktu itu Anda dapat memancing suara burung pleci dengan menggantang sangkar burung pleci lainnya di jarak yang berjauhan.

Bisa juga memancing suara burung pleci menggunakan rekaman suara burung yang serupa melalui perangkat elektronik atau HP, pemasteran juga bisa dilakukan dengan durasi sekitar 1-2 jam.
Setelah melakukan perawatan burung pleci dari pagi hingga sore, maka pada malam hari sangkar burung pleci dikerodong penuh (fuul kerodong ) sehingga burung pleci dapat beristirahat hingga keesokan harinya.

Dengan melakukan semua perawatan burung pleci di atas secara rutin, biasanya dalam waktu yang tidak terlalu lama suara burung pleci yang semula macet akan kembali terdengar berkicau dengan rajin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Perawatan Burung Pleci Yang Macet Bunyi