Thursday, May 17, 2018

Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu

Murai Batu (MB) termasuk burung yang cerdas karena bisa menirukan berbagai jenis suara burung lain dengan fasih. Pembawaan lagu-lagunya juga sangat harmonis, perpaduan antara suara alam dan suara-suara isian dapat dinyanyikan dengan begitu merdu.

Untuk Murai Batu (MB) lomba, tentunya harus memiliki suara-suara tonjolan kasar dan tajam agar lebih mudah terpantau juri. Dan agar Murai Batu memiliki suara-suara tonjolan maka harus dimaster secara intensif dengan suara-suara burung lain, baik menggunakan suara Mp3 atau menggunakan suara burung asli.

Berikut ini beberapa jenis burung yang cocok sebagai masteran Murai Batu (MB):

• Cililin

Suara tembakan burung Cililin yang kasar, rapat dan tajam merupakan suara andalan bagi Murai Batu (MB) lomba, karena akan terasa kurang greget jika Murai Batu lomba tidak memiliki suara tembakan burung Cililin.

Ada dua jenis burung Cililin, yaitu Cililin coklat dan Cililin hitam, tapi Cililin coklat lebih banyak digunakan untuk masteran Murai Batu (MB) karena suaranya lebih rapat dan lebih tajam dibanding Cililin hitam.

• Lovebird (LB)

Lovebird (LB) merupakan salah satu burung masteran favorit untuk Murai Batu (MB). Suara ngekek panjang Lovebird mirip suara tembakan rapat burung Cililin, tapi suara Lovebird lebih berirama dengan nada naik turun sehingga akan terdengar lebih merdu dan menonjol jika dinyanyikan oleh Murai Batu, terutama pada saat dilombakan.

• Tengkek Buto

Tengkek Buto juga merupakan burung masteran favorit untuk Murai Batu (MB) lapangan. Suara Tengkek Buto hampir mirip suara Lovebird (LB), hanya saja rata-rata suaranya tidak terlalu nyepeed, namun intonasinya lebih jelas atau tegas. Tapi jika sudah nyepeed, maka suara Tengkek Buto bisa lebih rapat dan lebih kasar dari suara burung Cililin.

• Cucak jenggot dan Kapas tembak

Cucak jenggot dan Kapas tembak memiliki tipykal suara yang hampir sama, tapi kebanyakan penggemar Murai Batu (MB) lebih memilih Cucak jenggot sebagai masteran Murai Batu miliknya, karena suara besetan kasar Cucak jenggot akan terdengar lebih gahar dan sangar jika dinyanyikan oleh Murai Batu.

• Ciblek

Meskipun bertubuh kecil, tapi Ciblek memiliki suara kicauan yang keras dan nyaring disertai tembakan rapat yang khas yang biasa disebut "ngebren". Suara ngebren Ciblek tersebut sangat bagus dan neken jika dinyanyikan oleh Murai Batu (MB). Karena itu Ciblek termasuk salah satu burung masteran yang cocok untuk Murai Batu.

• Kenari

Kenari memiliki tipykal suara ngeroll panjang, dan suara ngeroll Kenari tersebut akan terdengar berbeda dan lebih bagus jika dinyanyikan oleh Murai Batu (MB) karena akan dipadukan dengan suara asli dari Murai Batu itu sendiri dan juga akan dipadukan dengan suara-suara isian lainnya sehingga akan terdengar lebih merdu dan harmonis.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu fighter

Perlakuan khusus untuk membuat Murai Batu muda lebih fighter

Ciri-ciri Murai Batu muda hutan (MH) pancingan

Demikian sedikit informasi tentang "Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel Tips Kicau Burung yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung-burung masteran untuk Murai Batu (MB)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Burung-burung masteran yang cocok untuk Murai Batu