Saturday, July 28, 2018

Cara Memilih Burung Pleci Yang Bagus Dan Cara Perawatannya

burung pleci ombyokan

Tips Memilih Burung Pleci Ombyokan - Di pasar burung kita sering melihat sejumlah pleci bakalan yang dijual di kandang ombyokan, jika kita bisa memilihnya dengan tepat dan dengan perawatan burung pleci yang baik pasti  burung pleci akan menjadi menjadi burung yang berkwalitas dengan suara burng pleci sesuai dengan yang kita inginkan.

Meski kecil burung pleci masih memiliki pesona tersendiri bagi penggemar suara ngalas dan ngerol dengan volume tinggi, banyak cara untuk mendapatkan pleci berkualitas baik untuk hiburan rumah maupun yang diperlombakan.

Sebagian plecimania lebih memilih untuk membeli burung pleci di pasar burung, baik di kandang ombyokan atau sudah dipilih di kandang soliter, membeli pleci bakalan di kandang ombyokan memiliki tantangan dan kepuasan tersendiri terutama jika nantinya burung dapat moncer di lapangan.

Harga burung pleci di kandang ombyokan relatif lebih terjangkau daripada membeli pleci yang sudah sering juara, namun ada dua syarat yang harus diperhatikan agar Anda tidak kecewa di masa depan.

1. Pertama sobat harus tahu bagaimana memilih prospek pleci.
2. Kedua sobat tahu cara merawat pleci bakalan yang dibeli dari kandang omansokan sehingga akan berkicau ngalas dan memiliki mental bertarung yang baik.

1. Tips memilih burung pleci prospek di kandang ombyokan
Sebelum memilih burung plec prospek Anda harus sudah menyiapkan semprotan untuk menandai burung yang akan dipilih, agar nantinya lebih mudah ditangkap, perhatikan satu persatu burung pleci di dalam kandang ombyokan lalu buat pilihan berdasarkan kriteria berikut :

- Pleci terlihat sehat, ditandai dengan tingkahnya yang aktif, bulu masih mulus, sedikit agresif terhadap pleci lain, dan lebih banyak makan ketimbang minum.
- Pilihlah pleci yang bertubuh panjang, dengan kaki jingkring.
- Bentuk kepalanya lebih besar dan tidak bulat.
- Paruhnya panjang dan tebal / besar.
- Lubang hidung atau cerenya tebal, karena menandakan burung bakal bersuara lebih kencang.
- Kedua kakinya kokoh mencengkeram tenggeran, menandakan burung cenderung nagen saat berbunyi.
- Lehernya panjang, biasanya lebih gampang bersuara ngerol dengan durasi panjang. Pleci yang berleher pendek biasanya cenderung nembak-nembak dengan suara keras.
- Suara panggilannya lebih tegas, tidak bergema, dan tidak mengalun. Anda bisa membedakan suara panggilan tersebut hanya dengan mendengar suaranya saja.

Banyak yang menganggap mata putih yang agak tebal adalah tanda burung pleci telah dewasa, lingkar mata yang tipis umumnya dimiliki oleh pleci muda. Secara umum pleci dewasa lebih cepat berkicau daripada pleci muda yang cenderung terdengar ngeriwik. Namun pleci muda lebih mudah dimaster tetapi semua ini tergantung pada perawatan harian yang diterapkan.

2. Cara Merawat Burung Pleci Dari Kandang Ombyokan
Begitu sampai di rumah masuukan burung pleci di kandang yang sesuai, berikan voer yang sudah dikenal kualitas dan kandungan nutrisinya atau Anda dapat memberikan pakan ramuan yang sudah di ketahui nutrisinya

Air minum harus berasal dari air matang atau bisa di berikan air kemasan, hindari memberi air langsung dari keran. Alternatif lain Anda bisa menyediakan air dingin dari kulkas karena sangat disukai pleci.

Jagalah kondisi kesehatan burung pleci sobat dengan secara rutin memberikan Multivitamin dalam air minum, pakan harian serangga sangat di wajibkan seperti Kroto, ulat hongkong putih, dan belalang kecil.

Untuk meningkatkan stamina juga berikan buah-buahan yang banyak mengandung air (misalnya jeruk, pisang, dan semangka).

Perawatan rutin lainnya adalah pengembunan, mandi setelah matahari terbit, dan penjemuran dengan durasi 1-2 jam di sertai dengan melakukan pemasteran untuk menambahkan variasi suara kicauan.

Dengan melakukan pola di atas secara teratur setiap hari burung pleci akan menjadi lebih aktif, sehat, dan cepat mengeluarkan suara yang nyaring.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memilih Burung Pleci Yang Bagus Dan Cara Perawatannya