Monday, July 2, 2018

Manfaat kroto untuk Murai Batu

Kroto merupakan ekstra fooding (EF) terbaik untuk burung kicau terutama Murai Batu (MB), karena kroto memiliki kandungan protein yang tinggi tapi rendah lemak, jadi tidak berpotensi menyebabkan kegemukan/obesitas.

Berdasarkan hasil penelitian, setiap 100 gram kroto terdapat kandungan protein sekitar 8,2 gram, dengan kandungan lemak dan kalorinya sekitar 2,6 gram yang lebih rendah dari telur ayam yaitu sekitar 11,7 gram.

Selain protein dan lemak, kroto juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, sodium, potassium, vitamin B1, vitamin B2, dan juga niacin.

Beberapa manfaat kroto untuk Murai Batu (MB):

• Pemberian kroto pada Murai Batu (MB) dapat membantu menjaga kondisi burung tetap fit, lebih aktif dan rajin bunyi.

• Pemberian kroto secara rutin pada Murai Batu (MB) muda/trotol akan membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya sehingga burung menjadi lebih cerdas dan lebih cepat dalam merekam suara-suara masteran.

• Untuk Murai Batu (MB) bahan/bakalan, pemberian kroto juga sangat di anjurkan untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat dan juga lebih efektif untuk melatih burung agar cepat ngevoer dengan cara mencampurkan kroto dengan voer halus.

• Untuk Murai Batu (MB) yang mengalami macet bunyi, stres, dan kurang fit yang ditandai dengan sering mengembangkan bulu-bulunya (nyekukruk), pemberian kroto secara rutin setiap hari dapat membantu mempercepat proses pemulihan kondisi burung.

Alasan kenapa kroto seakan menjadi menu ekstra fooding (EF) yang wajib untuk Murai Batu (MB) adalah karena Murai Batu merupakan burung bertype fighter yang sangat atraktif, sehingga membutuhkan stamina yang besar untuk menunjaga karakter dan perilakunya tersebut.

Selain itu, karakter fighter tinggi/mudah emosi yang dimiliki Murai Batu (MB) harus tetap dikontrol agar tidak over karena akan menyebabkan Murai Batu bertingkah nakal ketika dilombakan. Dan kroto adalah ekstra fooding (EF) yang paling cocok untuk burung yang memiliki karakter fighter tinggi karena kroto mengandung banyak air sehingga tidak menyebabkan efek panas yang berlebihan seperti jika diberikan ulat hongkong (UH) yang dapat menaikkan tensi burung secara signifikan. Jadi, pemberian kroto pada Murai Batu akan membuat stamina burung menjadi prima, tapi emosinya akan tetap stabil.

Tapi pemberian kroto juga harus di imbangi dengan penjemuran, karena jika tidak maka Murai Batu (MB) akan berpotensi mengalami over birahi (OB).

Pilihlah kroto yang masih segar dan bersih, karena jika diberikan kroto yang sudah tampak layu dengan warna agak kehitaman dan berbau (basi), dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada Murai Batu, seperti gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan (serak) dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Jika kroto disimpan didalam kulkas, maka sebelum diberikan pada Murai Batu (MB), sebaiknya di angin-anginkan atau dihangatkan terlebih dulu sampai tidak terasa dingin lagi baru diberikan pada Murai Batu.

Baca juga:

Pemasteran Murai Batu (MB) trotolan yang tepat dan efektif

Perawatan harian Murai Batu agar cepat gacor

Pakan wajib untuk Murai Batu bahan/bakalan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang "Manfaat kroto untuk Murai Batu". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel Tips Kicau Burung yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Manfaat kroto untuk Murai Batu (MB)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat kroto untuk Murai Batu