Sunday, December 14, 2014

Tips Ringan Merawat Murai Batu Untuk Gantangan

Met malam sobat Tips Kicau Burung, bagaimana keadaan burung anda?? Sudah pasti sehat kan? Pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang Tips Ringan Merawat Murai Batu Untuk Gantangan. Saya tidak akan membahas tentang bagaimana merawat murai batu agar cepat gacor karena saya sudah membahasnya pada beberapa bulan yang lalu, kalau sobat belum sempat membaca bisa anda baca disini
Ada beberapa hal yang dianggap sepele yang jarang di perhatikan dalam merawat murai batu. Hal sepele itu berdampak sangat buruk bagi burung Murai Batu terutama pada sisi mental burung tersebut. Maka dari itu saya ingin berbagi pengetahuan dengan sobat semua. Hal-hal sepele itu diantara adalah sebagai berikut:
  • Biasakan jangan mengintip dari bawah kerodong jika kita ingin melihat burung murai kita karena kalau cara ini dilakukan terus menerus (secara tidak sadar) maka burung akan merespon denga membuka sayap seolah-olah dia bersiaga untuk menjaga dirinya, sikap murai seperti ini tidak bagus. Lebih baik turunkan sangkar murai, taruh di lantai kemudian buka kerodongnya tetapi harus langsung kita gantangkan lagi. Jangan dibiasakan melihat murai batu kita dalam keadaan posisi sangkarnya diletakkan di lantai apalagi dikerubungi oleh teman-teman kita sambil disiul siulin. Alangkah baiknya kalau melihat murai dalam keadaan sangkar digantung dan melihatnya dari jarak 2 atau 2,5 m dari posisi sangkar, saya sarankan jangan sering-sering memamerkan murai batu kita kepada teman-teman anda karena itu akan merusak mental burung tersebut.
  • Usahakan burung murai kita ini jangan sering sering digoda dengan disiulin atau dipancing emosinya dengan suara dari mp3 atau didekatkan dengan burung kicau yang lain, kecuali bila burung tersebut masih dalam masa pemasteran. Seandainya burung kita sudah jadi burung gantangan alangkah baiknya jangan terlalu sering memancing emosinya seperti itu tadi, kalau memang murai kita bagus begitu melihat musuh di lapangan pasti akan fight karena itu sudah bawaan karakter dari burung tersebut.
  • Apabila sudah menemukan settingan makan yang pas berilah makanan burung murai seperti biasanya jangan ditambah atau dikurangi.
  • Usahakan apabila anda memberi makan ekstra food seperti jangkrik jangan memberinya dengan keadaan burung masih digantung. Sekedar referensi saja, apabila anda tertarik untuk beternak makanan ekstra seperti jangkrik bisa anda baca disini
Mungkin hal demikian tadi bisa menambah pengetahuan sobat, silahkan anda coba untuk burung murai anda. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Ringan Merawat Murai Batu Untuk Gantangan