Saturday, February 21, 2015

Beberapa Manfaat Cacing Tanah

Beberapa Manfaat Cacing Tanah
Kita telah membahas tentang Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung dan sekarang mari kita membahas tentang Beberapa Manfaat Cacing Tanah. Dalam bidang pertanian, manfaat cacing dapat menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Sehingga lahan menjadi lebih subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi lebih baik. Keberadaan cacing di dalam tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman. Selain itu cacing tanah dapat berguna sebagai :
Bahan Pakan Ternak
Berkat kandungan lemak, protein dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti ikan, unggas, kodok dan udang.

Bahan Baku Obat tradisional dan bahan ramuan untuk penyembuhan berbagai penyakit
Secara tradisional manfaat cacing tanah dipercaya dapat meredakan menurunkan tekanan darah, demam, reumatik sendi, menyembuhkan bronchitis, tipus dan sakit gigi.

Bahan Baku Kosmetik
Cacing tanah dapat diolah dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan lipstik dan pelembab kulit.

Makanan Manusia
Cacing merupakan salah satu sumber protein yang berpotensi untuk dimasukkan sebagai bahan makanan manusia seperti halnya daging ayam atau sapi.

Kesimpulan Beberapa Manfaat Cacing Tanah

Sedangkan untuk bahan pakan unggas yang berprotein tinggi dan berasal dari hewan biasanya cukup mahal. Cacing tanah merupakan salah satu solusi di dalam mengatasi kelangkaan masalah protein hewani untuk unggas. Jadi artinya cacing tanah dapat menggantikan beberapa sumber pakan protein hewani untuk unggas karena memiliki banyak kelebihan dan mudah untuk di dapat. Uraian di atas adalah Beberapa Manfaat Cacing Tanah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Manfaat Cacing Tanah