Tuesday, February 10, 2015

Makanan dan Perawatan Burung Pleci

Makanan dan Perawatan Burung Pleci
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Mengenal Tentang Habitat dan Ciri Burung Pleci secara gambalang dan sekarang mari membahas tentang Makanan dan Perawatan Burung Pleci. Pada habitat aslinya, makanan pokok burung pleci adalah nektar dari bunga tumbuhan buah yang manis, buah-buahan, ulat, serangga kecil, larva, pupa, telur semut atau biasa disebut kroto. Burung mungil ini termasuk kategori burung yang monomorpic, artinya adalah antara burung berkelamin jantan dan betina memiliki tampilan fisik yang sama. Dan sebutan nama untuk burung pleci sangat variatif, ada yang menyebutnya burung "Kacamata", "Prenjak Kacamata", "Perci", "Mata Puteh" dan lain-lain.

Burung Zosterops berasal dari nama latin dari bahasa Yunani yang berarti Sabuk Mata. Burung ini juga memiliki beberapa nama nama lain diantaranya adalah :
  • Burung Pleci
  • Burung Mata Puteh (Malaysia)
  • Burung Kacamata
  • Burung Mejiro (Jepang)
Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan    : Animalia
  • Filum    : Chordata
  • Kelas      : Aves
  • Ordo    : Passeriformes
  • Famili    : Zosteropidae
  • Genus    : Zosterops
  • Spesies    : Z. palpebrosus
Nama binomial
Zosterops palpebrosus (Temminck, 1824)

Makanan dan Perawatan Burung Pleci Cukup Mudah

Perawatan
Perawatan burung pleci termasuk sangat mudah dan tidak merepotkan. Karena perawatannya hanya cukup dengan memandikan burung ini setiap pagi hari menggunakan semprot sprayer tetapi jangan terlalu basah, karena burung pleci tersebut akan mandi sendiri di tempat air minum. Oleh karena kebiasaan rutinitas mandi tersebut, maka kita hanya perlu menyediakan tempat minum dengan ukuran besar untuk kenyamanan pleci ketika berendam dan mandi. Kemudian setelah mandi burung pleci tersebut diangin-anginkan, tapi harus diperhatikan cuacanya supaya tidak mengganggu kesehatan pleci itu sendiri. Ketika diangin-anginkan, maka usahakan pleci tidak terlalu dekat dengan burung Iainnya karena akan selalu bersahutan.

Makanan
Makanan yang baik untuk burung pleci memamng sangat mudah didapat, seperti buah-buahan misal pepaya atau pisang kapok. Selain itu juga dapat diberikan pakan buatan yang banyak dijumpai di pasaran. Sebagai tambahan gizi maka bisa diberikan kroto atau ulat tetapi jangan terlalu berlebihan.

Pemasteran
Burung pleci termasuk burung yang sangat cerdas. Pleci pun dapat dimasteri dengan bermacam macam tipe burung karena sifat alami dari burung ini yang suka menirukan burung Iain. Setelah dimaster hasil speednya akan ngerol, mengkristal dan volumenya tajam.

Dari uraian di atas maka anda sekarang mengerti dan paham tentang Makanan dan Perawatan Burung Pleci sehingga nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan dan Perawatan Burung Pleci