Wednesday, October 7, 2015

Mengatasi Lovebird Nyilet atau Kurus


Kondisi burung lovebird nyilet sering dialami oleh peternak atau breeder lovebird. Jumlah anakan yang banyak dan kurang pemantauan terhadap indukan maupun anakan menjadi salah satu penyebabnya. Umumnya lovebird nyilet bukan dikarenakan penyakit ganas yang menyerang lovebird. Untuk penyebab lovebird nyilet dari penyakit dalam kunjungi Penyebab Dada Lovebird Nyilet.  

Akan tetapi dikarenakan nafsu makan dan penaganan saat burung lovebird sedang masa pengobatan yang kurang sehingga menyebabkan kekurusan. Apabila tidak segera dilakukan pengangan akan berakibat burung lovebird mati karena kelaparan atau kurang gizi. Selain nafsu makan yang kurang ada beberapa faktor yang menyebabkan nyilet selain dari serangan penyakit.
  • Lovebird baru datang dari perjalanan jauh
  • Lovebird dimusuhi teman sekandang
  • Lovebird sedang tidak enak badan
  • Lovebird kurang enak makan
  • Lovebird terkena penyakit dalam dan luar sperti SNOT


Banyak cara dalam penanganan ldalam mengatasi masalah nyilet. Yang terpenting adanya perlakuan khusus dan perhatian yang lebih untuk merawatnya. Berikut beberapa tips dapat diberikan untuk menghindari kondisi nyilet atau kurus pada lovebird
  • Perhatikan teman sekandang lovebird yang nyilet

Biasanya lovebird pada koloni yang temannya terkena nyilet akan ditekan oleh teman yang lain sehingga tidak akan diberi jatah makanan dari koloninya. usahakan untuk menyendirikan terlebih dahulu lovebird yang terkena nyilet dada
  • Perhatikan makan dan minum lovebird nyilet atau kurus

Perhatikan pola makan lovebird yang terkena nyilet. Seberapa lahap makannya. Usahakan melihat kupasan biji-bijian yang terkupas oleh burung lovebird. Dari kupasan tersebut akan menjadi pembanding di hari berikutnya.
  • Berikan makan khusus pada lovebird nyilet atau kurus

Berikan makanan penuh nutri, karena lovebird nyilet merupakan lovebird yang kekurangan nutri dan nafsu makan yang kurang. Berikan agung muda segar setiap hari, selain itu berikan biji haver atau gandum da fumayin kupas. Selain itu dapan desilingi kangkung dan biji - bijian bernutrisi yang mengandung minyak ikan guna mendongkrak nafsu makan. Dan pakan hariannya jangan lupa.
  • Jangan dimandikan dan dijemur dahulu

untuk mencegah timbulnya penyakit lain karena kondisi lovebird yang drop, jangan menjemur dan memandikan lovebird dahulu. Letakkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup dan cukup cahaya.

Semoga Bermanfaat !!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Lovebird Nyilet atau Kurus