Sunday, July 22, 2018

Ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suara manggungnya bagus

Hal yang paling utama dalam memelihara Perkutut adalah kualitas suara anggungannya, karena antara Perkutut yang satu dengan Perkutut yang lain tidak ada yang memiliki suara benar-benar sama, dari mulai volume, irama dan ketukannya. Karena itulah Perkutut memiliki kriteria suara tersendiri agar bisa dikatakan bagus.

Maka dari itu, jika kita membeli Perkutut ombyokan, maka kita harus benar-benar jeli dalam memilih satu dari sekian banyak Perkutut yang memiliki kemungkinan bersuara bagus, karena Perkutut ombyokan tentunya belum mau bunyi, sehingga agak sulit untuk memilih mana yang suaranya bagus. Lain halnya jika kita membeli Perkutut yang sudah jadi (gacor), karena kita bisa memantau dan mendengarkan suaranya secara langsung.

Ciri-ciri fisik Perkutut yang memiliki suara bagus:

• Pilihlah Perkutut yang postur tubuhnya membungkuk dengan ekor yang hampir menyentuh tangkringan (bongkok udang). Karena Perkutut dengan postur tubuh bongkok udang rata-rata memiliki mental dan suara yang bagus.

• Pilihlah Perkutut yang bentuk lehernya besar dan panjang dengan otot-otot leher yang terasa tebal ketika kita pegang dengan jari. Karena Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang keras dan tebal.

• Pilihlah Perkutut yang bentuk paruhnya panjang dan tebal dengan lubang hidung menonjol seperti burung merpati. Karena Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang besar.

• Pilihlah Perkutut yang bentuk kepalanya njambe nom atau seperti buah pinang muda. Karena Perkutut dengan bentuk kepala seperti itu rata-rata memiliki kualitas suara yang bagus.

• Pilihlah Perkutut yang lubang telinganya kelihatan atau tidak tertutup bulu, karena Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang besar.

• Pilihlah Perkutut jantan yang memiliki tulang supit keras tapi agak renggang, dan jarak antara tulang supit dengan bagian dadanya agak jauh. Karena Perkutut dengan ciri-ciri seperti itu kemungkinan memiliki suara yang panjang.

Baca juga:

Ciri-ciri Perkutut cacingan dan cara mengobatinya

Kelebihan Perkutut lokal alam dibanding Perkutut lokal ternak

Campuran pakan untuk Perkutut agar rajin manggung

Demikian sedikit informasi tentang "Ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suara manggungnya bagus". Untuk informasi lain seputar Perkutut, dapat dibaca pada artikel Tips Kicau Burung yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perkutut ombyokan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-ciri Perkutut ombyokan yang suara manggungnya bagus